Kepala Seksi Konservasi Wilayah V BKSDA Jawa Timur, Purwantono, membenarkan rencana pembukaan TWA Kawah Ijen untuk wisatawan ini. “Wacananya begitu menyambut new normal itu. Nanti akan ada pengumuman resminya melalui surat yang dikeluarkan,” ujar Purwantono, Sabtu 6 Juni 2020.

Meski akan segera dibuka, Purwanto menegaskan, protokol kesehatan tetap harus dilakukan guna mencegah penyebaran Covid-19. Bahkan, pihaknya akan memberlakukan sistem kuota untuk menghindari kepadatan pengunjung.

“Hasil kajian yang dilakukan BBKSDA rencananya dalam sehari akan dibatasi maksimal 450 pengunjung,” ujar Purwanto.

Pendaki Dibagi Dua Kali Sehari
Dari kuota tersebut, pihaknya juga akan membagi pendakian sebanyak dua kali saja dalam sehari. Sehingga dalam setiap kali pendakian maksimal hanya 225 orang saja.

“Dalam beberapa pertemuan sudah disampaikan pendakian ke Ijen dijadwalkan akan dilakukan dua kali sehari,”

Untuk waktu pendakian yang rencananya akan diterapkan yakni pukul 03.00 WIB s/d 08.00 WIB untuk shift pertama. Sedangkan untuk shift kedua yakni mulai pukul 08.00 WIB s/d 13.00 WIB.

Purwanto menambahkan, bagi pengunjung yang ingin melakukan pendakian ke Gunung Ijen, nantinya bisa melakukan pemesanan tiket lebih dahulu. Pihaknya memberlakukan pemesanan tiket secara online.

“Booking online. Waktu pemesanan tiket akan diinformasikan lebih lanjut oleh pihak BBKSDA,” tegasnya.

sumber berita
https://nusadaily.com/regional/kabar-gembira-kawah-ijen-segera-dibuka-kembali.html

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.